21, Aug, 2019
Aquaponic NFT Pada Kolam Terpal dengan Pipa Pvc

Aquaponic NFT Pada Kolam Terpal dengan Pipa Pvc

Aquaponic NFT Pada Kolam Terpal dengan Pipa Pvc

Berita Terbaru – Sebelum kita akan membahas lebih jauh lagi tentang aquaponic NFT pada kolam terpal dengan pipa pvc, tahukah Anda apa sih yang dimaksud dengan aquaponic tersebut? Definisi sederhana dari aquaponic ini adalah perpaduan 2 sistem, yakni aquaculture atau pun budidaya ikan dengan hidroponik atau menanam tanpa menggunakan media tanah, yang diintegrasikan ke dalam satu kesatuan.

Aquaponik ini sendiri juga telah memanfaatkan air sebagai salah satu media tanamnya, akan tetapi perbedaan yang paling mencolok dengan sistem hidroponik ini adalah aquaponic tidak butuh nutrisi. Lantas, nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman didapat dari mana?

Aquaponic NFT Pada Kolam Terpal dengan Pipa Pvc

Kotoran ikan adalah salah satu sumber nutrisi organik bagi tanaman dan diwaktu yang sama tanaman juga berguna sebagai filter air alami bagi kolam ikan. Selain hal tersebut, juga melibatkan bantuan dari bakteria mikroba yang nantinya akan membantu dalam proses nitrifikasi yang terjadi di media tanam hidroponik. Mikroba inilah nantinya yang akan mengubah asam amonia kotoran ikan jadi nitrat yang jadi nutrisi bagi tanaman.

Pada sistem aquaponic ini sendiri Anda hanya akan membutuhkan menambahkan air pada kolam atau pun aquarium serta tidak harus selalu mengganti airnya, seperti pada sistem hidroponik, kecuali bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya saja dengan penyakit pada ikan.

Aquaponic NFT pada kolam terpal dengan pipa pvc

Salah satu alternati menarik untuk membuat sistem aquaponic dengan biaya yang lebih murah adalah aquaponic kolam terpal dengan sistem NFT. Bahan yang nantinya akan dipergunakan adalah pipa pvc 3 inch dengan tutup dan juga sambungan L, gelas plastik, serta kerikil sebagai medianya. Untuk biofilternya sendiri Anda bisa menggunakan emeber dengan media kerikil atau pun potongan tali rafia. Pompa dan aerator dengan menggunakan pompa akuarium.

Air nantinya akan dialirkan dari kolam ke biofilter lalu ke pipa pvc yang berisikan tanaman. Tanaman yang dipakai adalah sawi, bawang daun, dan juga kangkung. Benih atau pun biji langsung ditanamkan pada media dengan cara dibungkus kertas tisu supaya tidak hanyut. Hasil tanaman tumbuh dan airnya tetap jernih.

Sawi yang ditanam dengan menggunakan media kerikil ini dmaksukkan pada gelas plastik yang sebelumnya sudah dilubangi pada bagian dasar dan juga sampingnya. Gelas plastiknya tersebut kemudian dimasukkan ke dalam pipa pvc yang sudah diberi lubang. Ikan yang bisa dipelihara adalah campuran ikan koi, nila, gurami, dan ikan mas.

Demikianlah sekilas informasi tentang aquaponic NFT pada kolam terpal dengan pipa pvc. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>