21, Aug, 2019
Aquaponic Rak Sayur Bertingkat dan Kolam Bertingkat

Aquaponic Rak Sayur Bertingkat dan Kolam Bertingkat

Aquaponic Rak Sayur Bertingkat dan Kolam Bertingkat

Berita Terbaru – Aquarium memang bukan sekadar aquarium biasa saja, selain dapat dijadikan sebagai salah satu tempat terbaik untuk tumbuh ikan, aquarium ini juga bisa dijadikan sebagai sumber nutrisi bagi tanaman. Pada dasarnya aquaponic merupakan suatu ekosistem mini, ikan butuh air yang bersih, sedangkan tanaman sendiri butuh kotoran ikan. Hubungan mutualisme ini dijalin dengan sangat baik untuk saling menguntungkan, antara ikan dengan tanaman.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memulai dengan kegiatan menarik yakni aquaponic yang berawal dari kekhawatiran banyak orang terhadap keamanan makanan, sekarang ini sudah ada banyak sekali sayuran yang penuh dengan pestisida atau pun sayuran yang sudah mendapatkan modifikasi genetikannya. Oleh sebab itulah silakan Anda simak ulasan selengkapnya tentang aquaponic rak sayur bertingkat dan juga kolam renang untuk dijadikan referensi guna membuat aquaponic sendiri di rumah.

Aquaponic Rak Sayur Bertingkat dan Kolam Bertingkat

Aquaponic rak sayur bertingkat

Cara kerja dari model aquaponic rak sayuran bertingkat ini adalah air yang dari bak penampungan akan naik ke sayuran paling atas, kemudian airnya akan mulai turun ke rak sayuran yang ada di bawahnya. Penanaman kedua tingkat sayuran ini dengan menggunakan sistem aquaponic deep flow technique atau DFT dengan kedalaman air sekitar 4 hingga 5 cm. Setelah itu, airnya akan mulai mengalir ke setiap pot yang ada di sekeliling bak penampungan. Ada sebuah lubang untuk keluarnya air pada setiap pot, lalu aliran ar tersebut kembali ke kolam.

Untuk model aquaponic rak sayur bertingkat ini mempunyai ukuran dengan dimensi 1 x 2 m untuk populasi 500 ekor ikan dan juga 220 hingga 250 lubang tanam. Sedangkan untuk biaya pembuatannya kira-kira sekitar Rp 9 juta rupiah dengan jangka waktu penggunaan 10 tahun.

Aquaponic kolam bertingkat

Untuk cara kerja aquaponic bertingkat satu ini adalah airnya akan mengalir mulai dari kolam yang paling bawah untuk menuju ke rak sayuran yang paling atas, Airnya tersebut akan menggenangi pipa sedalam 4 hingga 5 cm, lalu airnya akan mulai mengalir ke kolam terpal yang ada di bagian tengahnya. Air dialirkan pada setiap pot yang ada di sekeliling kolam. Satu lubang air pada setiap pot, airnya akan kembali ke kolam paling bawah.

Ukuran model aquaponic bertingkat ini berdimensi sekitar 1 x 5 m yang mana kolam bawah biasanya diisi dengan 2.500 ekor ikan, sedangkan kolam atasnya diisi dengan 1.250 ekor ikan. Sedangkan untuk tanamannya 211 lubang tanam. Biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan aquaponic kolam bertingkat ini sebesar Rp 6 hingga 8 juta rupiah, untuk penggunaan kurang lebih 3 tahun.

Demikianlah informasi tentang aquaponic rak sayur bertingkat dan kolam bertingkat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>